SENSOR LM35 MENGUNAKAN NODEMCU 12E SEBAGAI KOMUNIKASI IOT


Project Komunikasi IoT , Sensor LM35 mengunakan NodeMCU 12E . Pada project kali ini penulis akan membuat project jaringan sensor network untuk share informasi suhu ruangan jarak jauh . IoT adalah konsep dimana semua perangkat terhubung melalui jaringan . Komunikasi perangkat tanpa campur tangan manusia , pertukaran data secara real time .

nodemcu pada IoT
Perangkat jaringan dengan IoT

Konsep IoT dapat di kembangkan secara luas salah satu adalah mengenai WASN atau jaringan sensor network dalam ilmu elektro kita bisa menyebutnya telemetering . Telemetering adalah monitoring lingkukangan melalui sensor jarak jauh .Pengunaan bersama kendali menjadi bagian dari scada .

Tujuan system ini adalah monitoring suatu kondisi lingkungan tanpa memperdulikan jarak dan kapanpun dan dimanapun . Operator dapat melihat data lingkungan kapan saja dibutuhkan .

topologi star pada jaringan wireless
Blok Diagram System IoT

Blok diagram diatas menunjukan system yang dapat diakses melalui media gadget . Sebuah gadget atau kita sebut dengan client dapat melakukan akses dimanapun dan kapanpun . Infomasi sensor dapat diambil secara realtime .

Terdapat perangkat , bertugas sebagai access point untuk melakukan persebaran data menuju ke banyak client . salah satunya adalah computer . Jumlah client yang dapat ditampung tergantung dengan jumlah point gadget yang dapat di tamping akses point . Semakin bagus kualitas access point semakin baik .

Jaringan dari system ini masih bersifat local . gadget yang terhubung dengan 1 jaringan dengan modul sensor yang dapat melakukan akses . Jaringan dapat di perluas dengan mengunakan Access Point dengan maximal jumlah client besar dan mengunakan antenna pemancar dan reapetar .

PROGRAM DESKTOP UNTUK AKSES KEDALAM MODUL SENSOR


Sumber informasi suhu dapat diakses melalui program desktop  , program khusus yang dapat melakukan pemanggilan melalui HTTP setiap 1 detik sekali . Sytem secara realtime melakukan pemanggilan data . Informasi suhu selalu terupdate .
program gui desktop pada jaringan IoT
Tampilan GUI Program

Program desktop sederhana dapat melakukan akses terhadap sensor jarak jauh . Kemampuan jarak tergantung dari access point sebagai penghubung antara modul sensor dengan computer . Satuan dari sensor adalah *C .

Komponen module sensor mengunakan nodemcu dan sensor lm35 .Project board sebagai papan penghubung . Pengunaan project board memudahkan dalam pembuatan .
rangkaian nodemcu dengan lm35 pada projectboard
Gambar Rangkaian LM35 dan NodeMCU

LM35 adalah sebuah tanduser yang telah terkalibrasi . Tarnduser seperti ini sudah memiliki komponen amplifier sendiri . Output constant sehingga tidak memerlukan kembali komponen tambahan untuk penstabil atau penguat sinyal.

Komunikasi bisa dengan pin analog NodeMCU . Daya untuk LM35 bisa mengunakan 3.3V yang berasal dari nodeMCU . LM35 termasuk komponen hemat daya , Sehingga daya rendah output dari nodemcu dapat di gunakan untuk menjalankan nodemcu .

Perakitan pada projectboard kita bisa mengunakan kabel blackhouse atau dengan jumper . pada project ini kita akan mengunakan kabel pelangi dengan black house untuk lebih mudah nya .

Add caption

project board untuk merangkai nodemcu dan lm35
Rangkaian Node MCU dengan LM35 Pada Project Board

Project dilakukan pada lingkungan luar , sehingga kita tidak bisa menggunakan sumber daya tegangan PLN untuk menjalankan perangkat . Alternatif mengunakan power bank , Konsumsi yang sedikit bisa di gunakan untuk menjalankan perangkat selama ber jam – jam .


Gambar Percobaan Dengan Kertas Dibakar

Hub yang di gunakan dalam  bisa diletakan ditempat yang lebih tinggi agar jangkauan melebar sehingga memperbesar range jangkauan . Pada Percobaan diatas kita menggunakan kertas yang terbakar untuk menaikan suhu sekitar . Terlihat bahwa nilai suhu meningkat . data secara real time akan bergerak sesuai dengan kenaikan suhu sekitar .


pengujian sensor lm35 dengan menaikan suhu udara
Gambar kertas di bakar dan menaikan suhu sekitar
Perubahan akan terlihat jika kita mematikan sumber panas , dalam gambar adalah kertas yang di bakar . Kita bisa mematikan kertas untuk menurunkan suhu ruangan .

pengujian sensor lm35 pada system IoT saat api padam
Gambar api padam dan suhu turun
Gambar terlihat mengalami penurunan suhu dikarenakan kertas yang di bakar telah dimatikan . Output tegangan yang di hasilkan LM35 akhirnya turun sesuai dengan suhu di sekitar . LM35 memiliki Output tegangan .

10 mV / *C 

Lebih jelasnya bisa dilhat pada video di bawah ini :



 Bagi yang berminat silahkan download program di link driver di bawah ini :

>=======================>    download file pada drive   <===================//
Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This Share on Google Plus Share on Tumblr

1 comment:

jasa pemrograman arduino © 2014. All Rights Reserved | Powered By Blogger | Blogger Templates

Designed by-SpeckyThemes