PEMBACAAN FLAME SENSOR DENGAN NODEMCU LUA


Pada artikel penulis akan membahas mengenai Flame sensor , sebuah sensor yang dapat mendeteksi panjang gelombang api antara 760nm sampai dengan 1100nm . Mengunakan inframerah sebagai tarnduser utama guna melakukan sensing pada nyala api .

Sensor ini memiliki banyak sekali aplikasi dalam kehidupan sehari – hari . Kita bisa mengunakan mulai dari hoby sampai  tingkat industry . salah satu sebagai sensor keamanan kebakaran atau yang sering di jumpai dalam perlombaaan robot krci guna mendeteksi api yang berada dalam arena  .


flame sensor dengan nodemcu pada projectboard
Flame sensor dalam bentuk modul

Flame sensor sendiri dapat di gunakan dalam banyak mikrokontroller , Atmega , Arduino , PIC , Raspi dll  . Output dari modul flame sensor adalah tegangan analog ataupun tegangan digital I/O . Output analog tersebut dapat di gunakan dalam berbagai mikrokontroller pada pin analog ataupun pin digital .

Selain itu sensor ini sering juga digunakan untuk mendeteksi api pada ruangan di perkantoran, apartemen, maupun di perhotelan. Suhu normal pembacaan normal sensor ini yaitu pada 25 – 85°C dengan besar sudut pembacaan pada 60°.

Flame sensor mampu mendateksi suhu api antara 25*C sampai dengan 80*C . Range suhu sekian bisa di aplikasikan dalam system kemanan gedung dalam melakukan deteksi kebakaran .Sensor ini dapat mendeteksi nyala api dengan sudut maximal 60* . diatas suhu tersebut flame sensor sudah tidak dapat melakukan deteksi sudut .


flame sensor dengan nodemcu
Gambar Skema Flame Sensor

Pada Percobaan dengan nodemcu , kita akan menampilkan informasi terdeteksi nyala API atau tidak dengan menampilkan dalam serial monitor . Flame sensor akan di hadapkan pada kertas yang di bakar output analog akan ditampilkan pada layar sehingga kita juga bisa melakukan analisa terhadap berapa nilai output yang akan muncul .

Source code untuk kode node mcu adalah sebagai berikut :

void setup() {

  // put your setup code here, to run once:
  Serial.begin(9600);
}

void loop() {
  // put your main code here, to run repeatedly:
  Serial.println("================================================");
  Serial.println(analogRead(A0));
  if( analogRead(A0) < 300 )
    Serial.println("Terdeteksi API");
  else
    Serial.println("Tidak Terdeteksi API");
  Serial.println("================================================");
  delay(1000);
}

Source code diatas program akan melakukan pembacaan . Mengunakan stantement IF untuk melakukan penentuan apakah nilai analog cocok sebagai parameter bahwa api terdeteksi atau tidak . Pada code terlihat bahwa jika nilai analog output dari flame sensor kurang dari 300 maka di simpulkan adalah api , jika tidak maka disimpulkan bukan api .

Bisa kita simpulkan flowchart untuk logika diatas sebagai berikut .

flowchart program flame sensor
Gambar Flowchart


Flowchart diatas lebih mudah di pahami . jadi jikai nilai output kurang dari 300 maka bisa di simpulkan bahwa flame sensor sendang mendeteksi api jika tidak maka bukan mendeteksi api .nilai 300 hanya perkiraan bisa jadi berubah dikarenakan sudut dari flame sensor juga turut mempengaruhi dalam melakukan pendeteksian .

Untuk rangkaian dari nodemcu dengan flame sensor bisa dilihat dalam skema fritzhing di bawah ini :

rangkaian flame sensor dengan arduino

Gambar skema flame sensor dengan nodemcu
Skema diatas suplai daya bisa diambil langsung pada vcc output nodemcu dan output analog dari flame sensor bisa langsung di hubungkan ke analog nodemcu . flame sensor memiliki analog output berkisar 0 – 5v sehingga aman untuk pin analog nodemcu .Mengunakan daya mengunakan nodemcu sehingga output tidak bisa lebih dari tegangan vcc nodemcu .

project board nodemcu dan flamesensor
Gambar nodemcu yang telah dirangkai
Gambar flame sensor yang sudah dirangkai bersama dengan nodemcu pada project board. Kita bisa langsung menghubungkan ke laptop / computer untuk kemudian dilakukan pemrograman . Output data hasil pembacaan bisa secarang langsung dilhat pada serial monitor .

serial monitor pembacaan flame sensor
Gambar hasil Output Flame sensor Pada Serial Monitor
Tampilan Output dari flame sensor . berupa texs yang terus di update oleh nodemcu . Pembaan di lakukan 1 detik sekali sehingga data selalu realtime .

flame sensor tidak mendeteksi api
Gambar tidak terdeteksi
Jika tidak terdeteksi output analaog biner pada range diatas 400 .

flame sensor deteksi nyala api

Jika terdeteksi maka range analog biner  dibawah 300 . gambar menunjukan 30 – 40 . percobaan pembacaa api dengan mengarahkan flame sensor maximal 60* diatas itu flame sensor tidak dapat mendeteksi cahaya yang dipancarkan oleh nyala api .






Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This Share on Google Plus Share on Tumblr

0 comments:

jasa pemrograman arduino © 2014. All Rights Reserved | Powered By Blogger | Blogger Templates

Designed by-SpeckyThemes