Nodemcu dan sensor kelembapan tanah sebagai wasn monitoring kelambapan tanah

sensor kelembapan tanah dengan nodemcu
Gambar Sensor Kelembapan tanah dengan nodemcu
Project wasn mengunakan nodemcu dan sensor kelembapan tanah untuk monitoring kelembapan tanah .Project ini dibuat untuk mengenali karakteristik sensor kelembapan tanah terhadap perubahan kelembapan tanah.Sensor kelembapan tanah memiliki output berupa tegangan stabil . Perubahan tegangan terjadi terdapat perubahan resistansi pada tanah . Perubahan resitansi diakibatkan sejumlah air yang terdapat dalam tanah .

Air  bersifat semikonduktor yang dapat menghantarkan arus listrik . Semakin banyak nilai kosentarsi air dalam tanah maka semakin besar kelembapan tanah .  Sensor kelembapan tanah memanfaatkan sifat air untuk mendeteksi tingkat kelembapan tanah .

elektroda sensor kelembapan tanah
Elektroda sensor kelembapan tanah

Sensor kelembapan memiliki 2 elektroda terpisah yang menghantarkan listrik . Semakin besar nilai kosentrasi air maka resistansi juga akan semakin menurun . listrik akan lebih mudah melewati . Sehingga nilai tegangan output pada sensor kelembapan tanah juga semakin kecil .
grafik sensor kelembapan tanah
Gambar Grafik Sensor Kelambapan tanah
Pada grafik diatas terlihat perubahan tegangan . perubahan yang terjadi akibat dari perubahan resistansi tanah akibat perubahan resistansi tanah .

RANGAKAIAN NODE MCU DAN SENSOR KELEMBAPAN TANAH

Kita langsung mencoba rangkaian nodemcu dan sensor kelembapan tanah . Pada komunikasi rangkaian kita mengunakan pin analog untuk membaca tegangan output dari sensor kelembapan tanah . Komunikasi diatur melalui program dengan algoritma untuk pembacaan dari client .

System wasn di dalam project ini memliki topologi jika kita gunakan ilmu jaringan computer , kita mengunakan topologi star . Nodemcu adalah server yang dapat diakses banyak client . Mengunakan access point sebagai penyebar data .

skema jaringan sensor
Gambar skema Topologi
Gambar Topologi diatas memungkinkan perangkat di akses lebih dari 1 client . Topologi ini disebut dengan topologi star . Modul sensor adalah server penyedia data utama . Semua informasi dapat diakses banyak client selama dalam satu jaringan.

Gambar tersebut menunjukan arah data , Modul sensor menuju access point dan transfer kedalam computer . Perangkar modul sensor harus memiliki catu daya sendiri . karena lingkungan tidak memungkinkan tersedianya sumber daya listrik PLN . Powerbank sebagai catu daya alternative yang dapat di gunakan .

RANGKAIAN PERANGKAT MODUL SENSOR

Rangkaian modul sensor dapat dilihat seperti gambar di bawah ini .

rangkaian nodmcu dengan lm35
Gambar rangkaian sensor kelembapan tanah

Gambar rangkaian diatas komunikasi sensor kelembapan tanah dengan nodemcu . Terdapat 4 pin pada sensor kelembapan tanah . Terdapat 2 pin sebagai sumber daya VCC dan GND . Terdapat 2 pin output analog dan digital .

Pin Digital menyediakan output 0 dan 1 dimana output tersebut didapat dari hasil comparator antara tengan dari elektroda dan tegangan referensi yang sudah kita setting. Selama tegangan  comparator tidak menyentuh tegangan elektroda . Output digital akan tetap LOW . Pengaturan bisa di lakukan pada potensiometer .

Pin Analog menyediakan tegangan sinyal realtime dari elektroda sensor . Besaran tengan ini kurang dari vcc dan tidak pasti . Tegantung dari vcc sensor dan tingkat kelembapan tanah . Output pin analog adalah murni  .Pin analog atau pin digital sama fungsi pengunaan tergantung dari kebutuhan . Untuk analisa lebih mudah mengunakan pin analog dan untuk kendali On/Off Lebih mudah mengunakan Pin Digital .

PENGOPERASIAN PROGRAM DAN PERANGKAT

Pengoperasian perangkat dengan menjalankan program khusus untuk pembacaan data sensor .Menjalankan nodemcu untuk terhubung dengan access point . Program secara otomatis akan terhubung secara langsung menuju pada IP node MCU .

pengujian wasn kelembapan tanah
Gambar Perangkat wasn dan program desktop
Gambar diatas menunjukan sebelum tanah di beri air . tegangan sensor masih 0.9V , pengujian dilakukan dengan menuangkan air kedalam tanah . Sehingga resistansi berkurang . Terjadi perubahan tegangan .

pengujian wireless sensor network tanah disiram
Gambar tanah telah di siram air
Gambar tanah telah di siram air . Tegangan output dari modul sensor kelembapan tanah berkurang . Terlihat grafik pada program desktop mengalami penurunan tajam . Semakin basah tanah semakin besar  tegangan turun .

Lebih lengkap nya bisa dilihat pada video di bawah .





Bagi yang berminar silahkan download program oada link di bawah ini :

Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This Share on Google Plus Share on Tumblr

0 comments:

jasa pemrograman arduino © 2014. All Rights Reserved | Powered By Blogger | Blogger Templates

Designed by-SpeckyThemes